Saturday, July 27, 2013

KEAMANAN JARINGAN


Tugas XII-TKJ-2

Keamanan komputer maupun jaringan komputer, terutama yang terhubung ke internet harus direncanakan dan dikoordinasikan dengan baik agar dapat melindungi sumber daya (resource) dan investasi di dalamnya. Informasi (data) dan service (pelayanan) sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting.

Kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi suatu organisasi, baik yang berupa organisasi komersial (perusahaan), perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, maupun individual (pribadi).

Aspek-aspek Security
Dalam mengamankan jaringan ada beberapa aspek yang harus kita perhatikan dan dijaga, antara lain :

Kestabilan Sistem
Sistem yang kita buat harus stabil sejalan dengan waktu, dalam arti bila sewaktu-waktu terjadi perubahan pada perilaku hardware maupun software yang lain dari biasanya. Administrator harus mampu segera mengatasi masalahmasalah tersebut, seperti memperbaiki bug yang ada, melakukan upgrade, dan mengganti device rusak.

Ketersediaan data dan kerahasiaan
Harus ada perlindungan terhadap informasi baik berupa data, program, dan segala hal yang dianggap penting agar tidak dihapus atau dirubah oleh orang lain yang tidak berhak. Selain itu harus ada jaminan terhadap informasi agar tidak bisa diakses/diketahui atau diubah oleh orang lain yang tidak berhak

Ketersediaan service
Servis-servis yang kita sediakan di dalam jaringan harus dijaga agar selalu tersedia tanpa adanya gangguan

Kendali
Harus ada sistem pengendalian tertentu, seperti mengatur hak akses di dalam sistem jaringan. Karena perilaku pemakai sulit ditebak maka pengguna harus dibatasi dalam melakukan akses pada daerah dimana ia berwenang, sedangkan bagi pengguna luar harus ditolak.

Monitoring
Administrator harus melakukan pemantauan terhadap sistem jaringan yang dibangunnya, siapa yang telah mengakses dan menggunakan servis, aktivitas apa yang telah dilakukan, mencari sela-sela sistem yang belum terlindungi, memantau catatan logging sistem, mendeteksi penyusup yang masuk dll.


Apa itu Keamanan Jaringan
Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada jaringan yang anti sadap atau tidak ada jaringan komputer yang benar-benar aman. Sifat dari jaringan adalah melakukan komunikasi. Setiap komunikasi dapat jatuh ke tangan orang lain dan disalahgunakan. Sistem keamanan membantu mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil ditembus. Selain itu, pastikan bahwa user dalam jaringan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keamanan dan pastikan bahwa mereka menerima dan memahami rencana keamanan yang Anda buat. Jika mereka tidak memahami hal tersebut, maka mereka akan menciptakan lubang (hole) keamanan pada jaringan Anda.

Ada dua elemen utama pembentuk keamanan jaringan :
  • Tembok pengamanan, baik secara fisik maupun maya, yang ditaruh diantara piranti dan layanan jaringan yang digunakan dan orang-orang yang akan berbuat jahat. 
  • Rencana pengamanan, yang akan diimplementasikan bersama dengan user lainnya, untuk menjaga agar sistem tidak bisa ditembus dari luar.

Segi-segi keamanan didefinisikan dari kelima point ini :
  • Confidentiality Mensyaratkan bahwa informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Integrity Mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Availability Mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.
  • Authentication Mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu. Nonrepudiation Mensyaratkan bahwa baik pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.
Catatan :
- Catat pada buku catatan kalian
- Boleh di Print-Out (semua siswa harus foto-copy)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites