Wednesday, May 22, 2013

MATERI DASAR 3DS MAX - SMK

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan Software yang satu ini, utamanya bagi yang sering berinteraksi dengan software grafis. Ini dia Autodesk 3DS Max Studio.

Software pengembangan animasi dimensi tiga merupakan software yang banyak digunakan oleh para praktisi dalam bisnis periklanan. Software ini banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan untuk memudahkan pengguna. Discreet 3DS Max merupakan software dimensi tiga yang dapat membuat objek dimensi tiga tampak realistis. Keunggulan yang dimiliki adalah kemampuannya dalam menggabungkan objek image, vektor dan tiga dimensi, serta langsung dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie.

Kemajuan dunia grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.Buku panduan ini disusun dari berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan kosep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih diri dalam mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka.
Berikt ini sekilas mengenai interface 3DS Max :

  1. Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
  2. Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
  3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
  4. Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
  5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar dan dari sana banyak beberapa tools yang sering kita gunakan seperti tampak pada gambar di bawah ini :
  1. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untuk kembali ke perintah sebelumnya. dan Redo (akan muncul setelah redo) merupakan kebalikan dari undo.  
  2. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
  3. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
  4. Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
  5. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
  6. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
  7. Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
  8. Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
  9. Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
  10. Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek.
  11. Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
  12. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
  13. Layer manager digunakan untuk mengatur layer
  14. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
  15. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
  16. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
Viewport
Viewport merupakan bidang kerja pada 3D Studio MAX dan dapat dibagi ke dalam beberapa tampilan, di antaranya :
  • TOP dapat diaktifkan dengan menekan huruf “T” pada keyboard
  • BOTTOM dapat diaktifkan dengan menekan huruf “B” pada keyboard
  • FRONT dapat diaktifkan dengan menekan huruf “F” pada keyboard
  • LEFT dapat diaktifkan dengan menekan huruf “L” pada keyboard
  • RIGHT dapat diaktifkan dengan menekan huruf “R” pada keyboard
  • PERSPEKTIF dapat diaktifkan dengan menekan huruf “P” pada keyboard
  • CAMERA dapat diaktifkan dengan menekan huruf “C” pada keyboard
Bersambung.....
Ok, itu saja mungkin untuk sementara...., lain waktu ane sambung lagi...
mudah-mudahan manfaat....!!!

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites