Friday, July 26, 2013

5 KECAMATAN DI TERJANG BANJIR


Tasikmalaya (ANTARA News) - Lima kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, diterjang banjir akibat hujan deras yang berlangsung lama dan luapan air sungai menyebabkan rumah penduduk terendam air.

"Ada lima kecamatan yang diterjang banjir tadi malam (Rabu), jumlah rumah yang kebanjiran masih pendataan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kundang Sodikin melalui telepon seluler, Kamis.

Ia menyebutkan, lima kecamatan itu yakni Pancatengah, Sukaresik, Pagerageung, Ciawi, dan Rajapolah dengan ketinggian air dalam rumah sekitar 50 cm sampai 2,5 meter.

Menurut dia, banjir cukup besar terjadi Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik dengan ketinggian air hampir merendam seluruh bangunan rumah warga.

"Banjir Sukaresik yang sangat parah, kalau di empat kecamatan lainnya tidak parah dan malam itu juga surut, kalau di Sukaresik sekarang belum surut," katanya.

Ia mengatakan, bencana banjir tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian materi yang belum dapat diprediksi besarannya.

Petugas BPBD, relawan bencana, Polri dan TNI, kata Kundang, masih melakukan upaya penanggulangan membantu warga korban banjir di tempat pengungsian.

"Kita sekarang masih memantau situasi banjir di Sukaresik, karena sebagian warga masih ada yang bertahan di rumahnya di lantai dua," kata Kundang yang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan ketika turun hujan deras dan lama, karena khawatir terjadi longsor dan banjir.

Daerah Tasikmalaya, kata Kundang, merupakan peringkat kedua rawan berbagai bencana alam di Jawa Barat, sehingga kewaspadaan masyarakat akan bahaya bencana harus ditingkatkan.

Editor: Fitri Supratiwi
sumber : http://www.antaranews.com

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites